Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kelayakan isi dan penyajian materi buku bahasa Arab ?Ta?līmu Al-Lughoh Al-?Arabiyyah?, menganalisis dan mendeskripsikan kelayakan bahasa dan kegrafikan buku bahasa arab ?Ta?līmu Al-Lughoh Al-?Arabiyyah?, serta mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan buku ?Ta?līmu Al-Lughoh Al-?Arabiyyah?. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Fokus penelitian ini adalah analisis kelayakan buku ajar ?Ta?līmu Al-Lughoh Al-?Arabiyyah?. Analisis data pada penelitian ini mengunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan analisis kelayakan buku ajar bahasa arab menurut BNSP serta menyusun tabel instrumen kriteria buku ajar menurut BNSP untuk mendeskripsikan hasil penelitian ini secara eksplisit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar bahasa arab ?Ta?līmu Al-Lughoh Al-?Arabiyyah? telah layak digunakan menurut BNSP sebagai sumber belajar dengan hasil 74,02% dari aspek kelayakan isi dan penyajian materi, 86,21% dari aspek kelayakan bahasa dan keterbacaan dan 86,11% dari aspek kegrafikan.