Abstrak
Penelitian ini berkaitan dengan banyaknya guru yang terjebak dalam memilih metode yang digunakan dalam pembelajaran SKI, sehingga berdampak pada asumsi pada siswa bahwa pembelajaran SKI itu membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran SKI di MA Darul Ma'arif Jakarta. Jenis penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran SKI di MA Darul Ma?arif Jakarta yaitu dengan melakukan komunikasi secara informal kepada siswa di luar jam pembelajaran, selain itu guru juga menggunakan strategi pembelajaran yang disenangi oleh siswa serta sesuai dengan kemampuan siswa maupun RPP, seperti menonton cuplikan film pendek yang berkaitan dengan materi pada mata pelajaran SKI, serta membuat mind mapping agar memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran SKI dan juga membuat kelompok diskusi untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat berperan aktif di dalam pembelajaran. Di samping itu terdapat faktor yang membuat minat siswa menurun yakni dari cara guru dalam menyampaikan materi di dalam pembelajaran dengan cara berceramah, sehingga membuat minat dan keaktifan siswa menurun serta membuat pembelajaran menjadi membosankan. Selain itu, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI yakni meliputi faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, faktor urgensi pada materi dari mata pelajaran SKI, faktor pemberian tugas, faktor cara mengajar guru, faktor keluarga, faktor kondisi dan suasana kelas, serta faktor masyarakat.