Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisa butir soal yang berupa nilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda agar hasil tersebut dapat menjadi acuan bagi SMK Muhammadiyah 1 ciputat dalam pembuatan soal ujian selanjutnya. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan mix metode kuantitatif dan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah menganalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda dari butir soal pilihan ganda mata pelajaran bahasa arab kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 ciputat. Hasil dari penelitian ini adalah dari segi kuantitatif, soal ini termasuk soal dengan kategori valid, reliabel, memiliki tingkat kesukaran sedang dan mampu membedakan siswa yang sudah paham dengan materi pelajaran dan yang belum paham, namun soal ini kurang efisien digunakan karena soal ini belum ada soal HOTS (High Order Thinking Skills) untuk mengukur batas pemikiran dan kreatifitas siswa. Dari segi kualitatif soal ini dinyatakan tidak ada yang tidak sesuai dengan indikator yang peneliti sediakan. Oleh karena itu, soal penilaian akhir semester mata pelajaran bahasa arab kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 ciputat layak untuk dijadikan sebagai instrumen penilaian siswa.