Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana starategi guru saat kegiatan belajar mengajar mata pelajaran menghafal Al-Qur?an pada peserta didik TPQ umur 7 samapai 8 tahun. Tujian dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan memecahkan permasalahan guru dalam proses pembelajaran mengahafal Al-Qur?an pada peserta didik usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TPQ At-Taqwa, Jakarta Selatan, berdasarkan sumber data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kurangnya strategi yang guru gunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran menghafal Al-Qur?an adalah 1)Kurangnya persiapan bahan guru dalam mengajar. 2)Menggunakan RPP tahun lalu. Dari kurangnya strategi diatas maka terdapat solusi yang dapat membantu guru dalam pembelajaran menghafal Al-Qur?an adalah: 1)Guru mempersiapkan bahan ajaran mengajar. 2)Evaluasi dari kepala sekolah TPQ At-Taqwa dan guru dalam rancangan belajar persemesternya.