Abstrak
Kemampuan dalam menulis resume (CV), tips interview kerja dan jenjang karier menjadi topik pembicaraan yang hangat di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa tingkat akhir. Proses sebelum memasuki dunia kerja memiliki tahapan-tahapan yang bisa dibilang tidak mudah, ada cara-cara khusus untuk mencapai itu semua. Terdapat banyak para influencer menggunakan media sosial sebagai sarana penyampaian informasi kepada khalayak, salah satunya Vina Muliana dengan kontennya di media sosial Tiktok. Penelitian ini mengkaji, bagaimana penerimaan khalayak mahasiswa tingkat akhir FISIP UHAMKA pada tayangan TikTok @Vinamuliana. Penelitian ini menggunakan teori resepsi Stuart Hall yang mengansumsikan bahwa penerimaan khalayak aktif menerima pesan berdasarkan pengalaman sehari-harinya. Penerimaan khalayak merupakan proses encoding dan decoding yang memperlihatkan sebuah proses bahwa pesan adalah wacana yang memiliki penuh dengan makna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian analisis resepsi yang mendasarkan pada kesadaran atau cara subjek dalam menerima dan memahami objek. Analisis resepsi dapat melihat mengapa khalayak memaknai sesuatu secara berbeda, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan tersebut, dan konsekuensi sosial yang muncul. Hasil penelitian dari total 10 informan ditemukan penerimaan posisi dominan terhadap konten seputar karier Vina Muliana dikarenakan isi dakwah relevan dengan realita kehidupan yang dialami oleh penontonnya. Penerimaan posisi negosiasi dengan melihat kedua sisi menyetujui isi konten seputar karier Vina Muliana yang didalamnya terdapat tips and trick dan dapat dijadikan inspirasi dan motivasi namun memiliki catatan khusus karena terdapat perbedaan pandangan dengan khalayak dominan. Kemudian pada posisi penerimaan oposisi tidak ditemukan penerimaan dalam katagori tersebut karena isi konten yang terdapat dalam akun TikTok Vina Muliana berisi konten yang positif hanya saja terdapat catatan dan perbedaan pandangan, tetapi informan tetap menerima konten tersebut. Faktor interpretasi, merupakan faktor yang mempengaruhi resepsi mahasiswa tingkat akhir FISIP UHAMKA terhadap konten seputar karier pada media sosial TikTok Vina Muliana.