Abstrak
Mobile Banking adalah salah satu fasilitas layanan yang disediakan oleh bank untuk membantu nasabah dalam bertransaksi secara digital. Layanan mobile banking dibuat bank untuk memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di dalam layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Simprug. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis SWOT. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Sumber data yang digunakan yaitu dengan menggunakan primer dengan mewawancarai pihak internal dan eksternal nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Simprug. Sedangkan sumber sekunder didapatkan dari data dokumentasi atau studi pustaka untuk melengkapi data primer. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) pada layanan mobile banking pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Simprug. Dari melihat empat faktor tersebut, maka terdapat strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia yaitu dengan meningkatkan promosi dan mengembangkan fitur yang ada.