Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam menghafal Al-Qur‟an Juz 30 bagi siswa kelas IV MDT Baitul Hadi Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru sebagai sumber utama dan Kepala Sekolah beserta 4 siswa sebagai sumber pendukung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisa reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‟an ditemukan berbagai variasi metode-metode dalam menghafal Al-Qur‟an. Bentuk metode yang dilakukan oleh guru agama dalam pembelajaran yang sering digunakan ialah talqin jama?i kemudian dalam beberapa keadaan memakai talaqqi untuk menghafalnya dan mengulang hafalan dengan tikrar atau muraja?ah beserta faktor pendukung yang menjadi sebab peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur‟an dan faktor penghambat yang menyebabkan siswa lambat dalam menghafal Al-Qur‟an.