Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Suluh Jakarta. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling yaitu Random Sampling sebanyak 56 Peserta Didik dan dilakukan uji sampel sehingga tersisa 37 Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode rasch model dengan bantuan aplikasi Winsptep Rasch. Instrumen pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa disebarkan melalui Goggle Form. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kualitas dari instrumen menunjukkan angka nilai 0.98 yang menunjukkan bahwa instrumen berada pada tingkatan sangat bagus dan untuk responden berada pada angka 0.89 yang menunjukkan bahwa responden berada pada kategori bagus dalam menjawab instrumen. Kemudian pada wright map menunjukkan bahwa responden dan instrumen berada pada batasan satndart devisiasi. Dengan hal tersebut pengujian hipotesis H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa.