Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan, memaparkan dan menganalisis nilai-nilai pendekatan ilmiah dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode kajian pustaka atau library research. Penelitian dilakukan di rumah penulis dan dilakukan pada bulan Nopember 2021 hingga Juli 2022. Pengumpulan data menggunakan metode kajian pustaka atau dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Data Primer yang dipakai adalah buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Sekolah Menengah Atas terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2017. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatilah simpulan bahwa pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di Sekolah Menengah Atas, Penulis menyimpulkan dalam buku tersebut semua bab di dalamnya terdapat nilai-nilai pendekatan ilmiah, baik nilai logis, objektif, menstimulus pertanyaan, pengamatan, percobaan dan berkomunikasi dari ranah teks maupun gambar.