Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moderasi Islam pada gambar, wacana/cerita, dan teks pada buku ajar Akidah Akhlak Kelas XII di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode doumentasi dan metode analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Data primer yang digunakan adalah buku ajar Akidah Akhlak Kelas XII di Madrasah Aliyah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di dalam buku ajar Akidah Akhlak Kelas XII di Madrasah Aliyah terdapat muatan nilai-nilai moderasi Islam dalam segi gambar, wacana atau cerita, maupun teksnya. Nilai-Nilai Moderasi yang terkandung adalah nilai toleransi, nilai keadilan/keseimbangan/kesetaraan, akomodatif terhadap budaya lokal, komitmen kebangsaan, anti radikalisme dan kekerasan. Muatan nilai-nilai moderasi Islam paling sering dijumpai di dalam teks dan nilai moderasi Islam yang paling mendominasi adalah nilai toleransi,anti radikalisme dan kekerasan, akomodatif terhadap budaya lokal.