Abstrak
Blog adalah salah satu aplikasi untuk mengekspresikan apa yang seharusnya ditulis, dan didalam Blog terdapat Blogger yang mana Blogger adalah orang yang menulis didalam Blog. Blogger saat ini telah populer di kalangan pengguna internet. Terlebih lagi sekarang selain berbagi informasi, juga dimanfaatkan sebagai media promosi dan mendapatkan uang (bisnis online). Dari sekian banyak layanan blog yang telah tersedia di internet, paltform blogger merupapakan yang paling favorit. Ciri-ciri seorang blogger biasanya ia suka menulis di blog dan rutin menulis dengan informasi-informasi bermanfaat bagi banyak orang. Salah satu blog adalah komunitas emak-emak blogger tau KEB yang bekerjasama dengan sehatQ salah satu aplikasi yang diperuntukan untuk mendapatkan info tentag kesehatan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui Strategi Blogger Engagement Sebagai Strategi Komunikasi Perusahaan Berbasis Komunitas dan Faktor- faktor yang mempengaruhi anggota KEB menggunakan Blog. Dengan teori stakeholder dan berbagai konsep yang relevan dengan penelitian kualitatif, Metode studi kasus dan jenis penlitian deskriptif. Hasil penelitian bahwa ketua dari KEB yaitu Ibu Sumarni jika anggota yang ingin mengikuti atau ingin menulis artikel di blog itu adalah anggota yang blognya sudah lebih dari 6 bulan dan aktf baik online maupun offline. Untuk langkah selanjutnya ialah difilter, tulisan seperti apa yang diinginkan baru langkah salanjutnya ialah di upload didalam blog masing-masing dan hal tersebut harus dikomunikasikan ke ketua hal tersebut adalah salah satu struktur roda memiliki pemimpin yang jelas, yaitu yang posisinya di pusat. Orang ini merupakan satu-satunya yang dapat mengirim dan menerima pesan dari semua anggota. Selain itu anggota 4 KEB yang bergabung memiliki berapa alasan untuk bergabung diantaranya, menginspirasi, relasi, hobi dan mendapatkan keuntungan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji menggunakan kualitatif dengan teori selain stakeholder yaitu teori CSR agar penelitian ini lebih luas dan lebih berkembang dalam bidang ilmu komunikasi.