Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana terjadinya konstruksi sosial realitas media massa dengan berkembangnya akal pikiran manusia melalui munculnya cara untuk merpresentasikan akun berbagai jenis dan bentuk dalam media sosial twitter. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode analisis isi kualitatif metode yang digunakan adalah etnografi virtual dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara dengan konteks komunikasi CMC (computer mediated communication) dan teori Konstruksi Sosial Realitas Media Massa, dalam pembahasan hubungan sosial yang dialektis menurut 3 bentuk empiris yang menjadi entry concept, yakni subjective reality, symbolic reality dan objective reality. Hasil penelitian ini melampirkan klasifikasi jenis akun dan contoh pembahasan konten di dalam tabel, pembahasan 25 tanda pagar yang khusus digunakan sebagai kepentingan berjalannya akun cyber sehari-hari dan penjelasan 39 penggunaan kosakata bahasa verbal cyber yang belum banyak diketahui pengguna twitter secara umum. Penelitian berikutnya diharapkan menggunakan analisis isi Etnografi virtual dengan objek level ruang media cyber untuk memahami realitas sosial dalam kehidupan internet demi berkembangnya pembahasan mengenai komputer dan internet sesuai dengan teori sebagai landasan pemikiran