Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada SMAN 1 TAJURHALANG. Skripsi ini untuk mengetahui apakah kompetensi pedagodik pada guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 TAJURHALANG. Penelitian ini disusun dengan menggunakan penekatan Deskriptif Kualitatif. Teknik yang gunakan dalam pengumpulan data dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Metode pada penulisan data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik sangat berperan terhadap hasil belajar siswa tetapi karena masih banyak kekurangan yang ada pada guru mata pelajaran itu sendiri menjadikan para peserta didik kurang mengerti dan membuat para peserta didik kurang memahami dan merasa banyak kekurangan yang ada pada saat proses belajar mengajar dikelas,seperti 70% peserta didik merasa bahwa pelajaran Pendidikan Agama Islam membuat mereka merasa bosan dan karena metode yang digunakan oleh pendidik sering kali hanya dengan metode ceramah dan media yang digunakan oleh pendidik mungkin tidak mendukung proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa cenderung belum terpenuhi.