Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup strategi guru dalam meningkatkan pemahaman materi fiqih pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini 1. Mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan pemahaman materi fiqih kelas 3 pada masa pandemi di MI Ash Sholihin Jakarta. 2. Mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan strategi pembelajaran fiqih kelas 3 pada masa pandemi di MI Ash Sholihin Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ash Sholihin terletak di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran guru: pertama, perencanaan strategi: guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). kedua, pelaksanaan strategi: guru menggunakan metode daring dan menggunakan media komunikasi platform seperti whatsapp group. Strategi yang digunakan guru adalah strategi pembelajaran ekspositori dimana strategi ini menekankan kepada proses penyampaian guru kepada siswa. Dan ketiga, evaluasi dan penilaian: bentuk evaluasi berupa soal pilihan ganda, isian, dan essay dan penilaian praktik sholat. 2) Kendala yang dihadapi guru a) Keterbatasan kuota yang dimiliki siswa. b) Keterbatasa alat pendukung sarana Pembelajaran Jarak Jauh