Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup
penggunaan metode tilawati pada remaja. Tujuan penelitian
ini untuk melihat sejauh mana penggunaan metode tilawati
yang diterapkan oleh guru dan remaja di Mushola Nurul Iman.
Penelitian ini dilaksanakan di Mushola Nurul Iman Kelurahan
Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
memiliki desain riset studi kasus dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan
bahwa pembelajaran membaca Al Qur?an menggunakan
metode tilawati sangat mudah dipahami oleh semua kalangan
contohnya remaja dan mengalami peningkatan didalamnya.
Pembelajaran Al Qur?an menggunakan metode tilawati guru
tidak hanya memfokuskan dalam bacaan Al Qur?an, tetapi
melihat juga dari segi kenyamanan dalam pembelajaran.
Mengedepankan pendekatan klasikal, pendekatan individual,
dan penggunaan nada rost dalam pembelajaran Al Qur?an dan
sesuai dengan ketetapan lembaga metode tilawati.