Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Penggunaan Media Pembelajaran Daring Berbasis Zoom pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran daring berbasis Zoom digunakan dua minggu sekali. Zoom menjadi media pemelajaran bagi guru untuk menjelaskan materi dan sebagai media untuk menilai keaktifan siswa. Zoom ini dinilai efektif karena penyampaian materi yang cukup sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mayoritas mencapai KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, kelebihan Zoom yaitu dapat menggunakan fitur share screen sedangkan kekurangannya hanya waktu yang terbatas. Sistem penilaian pembelajaran daring dengan cara melihat keterampilan siswa pada saat presentasi.