Abstrak
Program berita merupakan acara televisi yang sangat penting untuk disiarkan. Topik yang diambil mengandung informasi yang dikemas dan disajikan serta dibutuhkan oleh masyarakat luas setiap harinya. Berita atau peristiwa yang ditampilkan tentunya mengandung informasi yang menarik perhatian dan sedang hangat dikalangan masyarakat. Pada tahun 2019, terdapat virus baru yang berasal dari Wuhan, China yang disebut Virus Corona. Virus tersebut telah memakan banyak korban di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Dampak dari virus ini salah satunya dirasakan pada sektor media penyiaran iNews TV. Proses produksi berita menjadi terbatas karena adanya aturan baru yang harus dipatuhi selama proses produksi. Hal ini tentu menjadi tantangan baru, dimana iNews TV harus mampu mencari dan menyajikan berita terutama mengenai perkembangan virus tersebut tanpa membuat masyarakat takut dengan adanya virus ini serta dapat bersaing dengan program Head to Head, agar mencapai rating and share tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai Strategi Produksi Program Berita dalam Mempertahankan Eksistensi terhadap Program Head to Head selama Masa Pandemi Covid-19. (Studi Kasus pada Program Berita iNews Siang). Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menambah wawasan, memberikan kontribusi di bidang ilmu komunikasi, khususnya di peminatan penyiaran dan penelitian ini juga memberikan masukan untuk tim produksi berita iNews Siang dalam mempertahankan eksistensi program berita di masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Informasi Organisasi, mengenai perilaku setiap individu yang mempunyai tujuan bersama dalam suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi partisipatif, studi pustaka, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa dari adanya virus Covid-19, membuat tim produksi berita harus mampu melakukan strategi untuk menyajikan berita selama masa pandemi dengan optimal, agar pesan yang disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat luas, tanpa mengurangi atau menambah-nambahkan fakta yang ada, sehingga rating program iNews Siang tetap tinggi, mampu bersaing dengan program berita lainnya dan berkesan bagi masyarakat Indonesia.