Abstrak
Kampanye merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara tersusun dan terencana, penyelenggara kampanye biasanya dilakukan oleh lembaga atau organisasi, oleh karena itu kampanye memiliki tujuan yang sangat beragam dan berbeda. Konsep dasar dari kampanye sendiri adalah sebuah tindakan komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi khalayak besar. Kampanye Persuasif diperlukan untuk membantu dalam mengidentifikasi pesan-pesan kampanye agar mempengaruhi sikap dan perilaku khalayak dalam melakukan aktivitas kampanye. Orangutan merupakan satwa endemik asli Indonesia, namun populasi dari spesies tersebut saat ini terancam punah. Ada dua alasan mengapa orangutan di Indonesia terancam punah, diantaranya perdagangan satwa liar, hilangnya dan perusakan pada habitat asli. Hilangnya sebagian hutan menjadi faktor utama punahnya satwa liar di Indonesia, karena hutan merupakan habitat utama bagi satwa liar ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif, di mana penelitian ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta maupun sifat-sifat tertentu mengenai Kampanye Persuasif Komunikasi Lingkungan Centre For Orangutan Protection (COP) Dalam Konservasi Perlindungan Orangutan Melalui Media Instagram @orangutan_cop Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenenai Kampanye Persuasif yang dilakukan COP dengan para pengikutnya di instagram dan masyarakat luas dalam proses perlindungan orangutan di alam bebas, guna menjaga penyadartahuan tentang orangutan dan kondisinya saat ini, serta bagaimana solusi menghadapinya