Abstrak
Program Kampanye Ubah Sampah Menjadi Rupiah adalah program dari TurunTangan dengan tujuan untuk melayani publik dalam halnya audience dan untuk mengedukatif masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan cara-cara yang kreatif melalui program ubah sampah menjadi rupiah. Program kampanye ini berhubungan dengan keinginan seorang pemuda untuk mencapai self development. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Manajemen POAC. Peneliti mengkaji bagaimana organisasi menggunakan strategi dalam mengelola suatu program kerja yang dapat menentukan keberhasilan dari suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melakukan riset pada sumber data mulai dari pengamatan media, studi pustaka, dan berbagi informan yang berguna untuk menguatkan fakta pada suatu penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian yang subjektif. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dan jenis pada penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TurunTangan dalam kampanye Ubah Sampah Menjadi Rupiah melakukan hal strategi kreatif dengan membuat program trial dengan menggunakan media kreatif, content kreatif hingga isi pesan kreatif, berdasarkan content yang disajikan dapat dilihat bahwa TurunTangan mampu melakukan bridging content mulai dari Indonesia Menjadi Runner Up Penghasil Sampah Terbesar di Dunia hingga memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.