Abstrak
Televisi merupakan salah satu media massa yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Televisi dapat memberikan stimulus-stimulus secara terus-menerus kepada khalayak penonton, baik stimulus positif maupun stimulus yang negatif. Contoh stimulus positif yang sekarang sudah mulai jarang diberikan adalah pesan motivasi dan inspirasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pesan motivasi dan inspirasi disampaikan dalam program televisi, khususnya pada program Muda Berbisnis Badar Tv Cikarang. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktifisme dengan pendekatan kualitatif, adapun teori yang digunakan adalah teori isi media dari McQuail. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menggunakan dokumentasi serta studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman untuk menganalisis data dan metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan motivasi dan inspirasi dalam program Muda Berbisnis yang dikemas dengan cerita pengalaman anak muda dalam membangun bisnisnya yang sangat relate dengan kehidupan sehari hari anak muda lainnya diluar sana. Mulai dari cerita awal perjalanan membangun bisnis, dinamika dalam menjalankan bisnis, alasan memulai bisnis dan pentingnya untuk berbisnis di usia muda, serta motivasi-motivasi untuk mulai membangun bisnis di usia muda.