Abstrak
Pelayanan Lembaga National Single Window di era pandemi Covid-19 kepada stakeholder sudah berjalan dengan lancar dan sangat baik. Peneliti menggunakan teori manajemen komunikasi untuk mengetahui setiap proses yang terjadi pada pelayanann di era pandemi. Teori yang digunakan adalah teori manajemen komunikasi, teori pelayanan publik, dan teori pendukung yaitu teori konsep POAC menurut George R. Terry dalam buku yang berjudul Principle of Management. Guna ketercapaian perencanaan, pelaksanaan/proses, sampai efisiensi manajemen komunikasi pelayanan publik di Lembaga National Single Window di era pandemi covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan mendekatkan penelitian kualitatif dan dengan jenis penelitian evaluative, serta metode analisis data kualitatif yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan bahan lainnya agar informasi mudah diterima oleh publik. Subjek dari penelitian ini adalah informan Lembaga National Single Window di era pandemi Covid-19. Objek dari penelitian ini adalah pelayanan publik di era pandemi Covid- 19 pada Lembaga National Single Window. Untuk pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen komunikasi pelayanan publik Lembaga National Single Window pada kegiatan ekspor/impor di era pandemi Covid-19 sudah berjalan dengan baik dan efisien terbukti dari penyesuaian pelayanan yang cepat dilakukan saat awal pandemi kepada stakeholder walaupun perencanaan terhitung cepat. Publik khususnya para pelaku usaha mendapatkan manfaat dengan adanya sistem pelayanan baru LNSW walaupun tidak sama seperti sebelum pandemi Covid-19.