Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Utsmani dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tahsin di Pondok Talaqi Qur?an Al Kahfi Jakarta Selatan. Penelitian ini telah di laksanakan bulan Juli-Agustus 2021. Metode yang di gunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data penelitian menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan metode Utsmani yang diterapkan di Pondok Talaqi Qur?an Al Kahfi metode Utsmani cocok untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar tahsin (memperbaiki) bacaan Al-Qur?an. Namun, ada target-target dalam pelaksanaan pembelajaran maupun evaluasi ujian. Target-target tersebut sangat mempengaruhi hasil peningkatan belajar tahsin Al-Qur?an seperti ingin mengikuti ujian harus memenuhi syarat absensi untuk level 1-3, khatam 1 kali untuk level 4, khatam 2 kali untuk level 5, khatam 2 kali 17 juz untuk level Talaqqi. Hal tersebut membuat murid terpacu untuk terus meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur?annya, melatih untuk memanajemen waktu, mengikuti ujian kenaikan level. Namun, tidak semua murid yang bisa melewati target-target tersebut. Ada saja murid yang tidak naik level karena persyaratan ujian dan ada juga karena kurang mempersiapkan belajarnya. Tetapi dengan adanya misalnya, tidak lulus ujian dan tidak naik level, tidak bisa ikut ujian karena tidak memenuhi syarat. Hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk terus berinteraksi dengan Al-Qur?an. Sebab target-target tersebut di lakukan agar disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Karena, dengan terus mengulang dan belajar akan semakin bagus kualitas membaca Al-Qur?annya. salah satunya menggunakan metode Utsmani ini.