Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMA Cendrawasih 1 Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui Gaya belajar dan pretasi belajar dikelas XI PAI. Serta ada atau tidaknya hubungan antara Gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendrawasih 1 Jakarta. Gaya belajar adalah cara cenderung dipilih peserta didik untuk menerima informasi yang telah disampaikan. Kombinasi dari bagaimana seorang menyerap, mengatur dan mengelola sesuatu informasi. Prestasi belajar ialah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proseskegiatan belajar mengajar dapat dilihat ditunjukan melalui nilai yang diberikan guru. Untuk melakukan penelitian ini, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analilis Regresi Linear Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Cendrawasih 1 Jakarta yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Gaya belajar dengan prestasi belajar siswa PAI ditunjukkan pada besarnya nilai korelasi/ hubungan (R) yaitu sebesar 0,145. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,021, yang mengandung pengertian bahwa ada hubungan variabel bebas (Gaya Belajar) dengan variabel terikat (Prestasi Belajar PAI) adalah sebesar 2,1%.