Abstrak
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI di SD YAPENKA
JAKARTA SELATAN. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh penyebab dari
rendahnya prestasi belajar siswa yang ada pada siswa itu sendiri. Salah satu
penyebabnya yaitu kurangnya motivasi beiajar yang diberikan guru dan orang tua
siswa tersebut. Motivasi belajar penting bagi siswa untuk menunjang akan berhasil
dan berguna bila siswa itu selalu diberi motivasi yang cukup untuk siswa. Dengan
adanya motivasi yang di berikan maka siswa akan semangat dalam belajar sehingga
memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai siswa akan memuaskan dan
begitu sebaliknya jika siswa tidak berminat dan kurang nya motivasi maka hasil
yang dicapai tidak maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan: (l) bagaimana motivasi belajar di SD YAPENKA JAKARTA
SELATAN (2) bagaimana prestasi belajar siswa mapel PAI di SD YAPENKA
JAKARTA SELATAN (3) adakah pengaruh antara motivasi betajar terhadap
prestasi belajar siswa mapel PAI di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi.
Populasi penelitian sebanyak 255 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 30
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi
dan tes. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi
belajar siswa SD YAPENKA JAKARTA SELATAN termasuk dalam kategori
cukup, dengan nilai ratarata 63 yang terletak pada interval 66 - 70. (2) Prestasi
belajar yang dimiliki oleh siswa SD YAPENKA JAKARTA SELATAN dalam
kategori cukup, dengan nilai rata- rata 87 yang terletak pada interval 83 - 90. (3)
Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar,
Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Jika Freg > Ftable maka (signifikan) dan
sebaliknya jika Freg < Ftable maka non signifikan. Dengan taraf signifikan 5%, dk
pembilang 1 dan dk penyebut 28, diperoleh Ftable 1,4. Dilihat dari hitungan R
square = yang berarti motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar
10%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN.