Abstrak
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh penyebab dari rendahnya prestasi belajar siswa yang ada pada siswa itu sendiri. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya motivasi beiajar yang diberikan guru dan orang tua siswa tersebut. Motivasi belajar penting bagi siswa untuk menunjang akan berhasil dan berguna bila siswa itu selalu diberi motivasi yang cukup untuk siswa. Dengan adanya motivasi yang di berikan maka siswa akan semangat dalam belajar sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai siswa akan memuaskan dan begitu sebaliknya jika siswa tidak berminat dan kurang nya motivasi maka hasil yang dicapai tidak maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (l) bagaimana motivasi belajar di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN (2) bagaimana prestasi belajar siswa mapel PAI di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN (3) adakah pengaruh antara motivasi betajar terhadap prestasi belajar siswa mapel PAI di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Populasi penelitian sebanyak 255 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan tes. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa SD YAPENKA JAKARTA SELATAN termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai ratarata 63 yang terletak pada interval 66 - 70. (2) Prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa SD YAPENKA JAKARTA SELATAN dalam kategori cukup, dengan nilai rata- rata 87 yang terletak pada interval 83 - 90. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar, Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Jika Freg > Ftable maka (signifikan) dan sebaliknya jika Freg < Ftable maka non signifikan. Dengan taraf signifikan 5%, dk pembilang 1 dan dk penyebut 28, diperoleh Ftable 1,4. Dilihat dari hitungan R square = yang berarti motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 10%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD YAPENKA JAKARTA SELATAN.