Abstrak
Pembelajaran daring merupakan metode belajar yang dapat dilakukan dengan cara terhubung dengan jaringan internet dilengkapi dengan fasilitas tekhnologi yang mampu menunjang pembelajaran daring. Pada masa pandemi covid-19, pembelajaran daring diberlakukan oleh pemerintah sebagai upaya pemutus rantai penyebaran virus covid-19, covid-19 atau coronavirus diseaase merupakan penyakit virus yang menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Peneliti melakukan penelitian mengenai pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa untuk mengetahui sejauh mana besar potensi berkembangnya minat siswa selama pembelajaran daring. Tumbuh atau kembangnya minat siswa dapat dilihat dari seberapa besar dirinya aktif dalam proses pembelajaran dan seberapa berkembangnya pola prilaku dirinya. Dari hasil pengolahan data dari 52 sampel responden dari 3 kelas XI MA PINK 03 Tambun Selatan yang diperoleh secara acak dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, diperoleh thitung > ttabel yaitu 13,793>1,675. Nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti pembelajaran daring (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa (Y), dan koefisiensi sebesar 0,655 yang dapat diartikan pembelajaran daring berpengaruh sebesar 65,5% terhadap minat belajar siswa, nilai koefisien regresi positif disini dapat diartikan bahwa pembelajaran daring mempengaruhi minat belajar siswa.