Abstrak
Dalam penelitian ini terdapat beberapa tujuan, yang pertama, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui cara guru dalam lembaga BIMAGO ini meningkatkan akhlak peserta didiknya.
Kedua, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang BIMAGO adakan
dalam rangka meningkatkan akhlak peserta didik. Ketiga, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang BIMAGO alami selama proses
kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan akhlak peserta didik. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan
data berupa kata-kata tertulis. Penelitian ini melaksanakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Informan dari penelitian ini adalah ketua
lembaga bimbingan belajar BIMAGO, bagian keguruan BIMAGO, guru BIMAGO, serta 6
murid BIMAGO yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar di BIMAGO Jagakarsa. Hasil
temuan penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode
ceramah yang diiringi dengan tanya jawab dan praktek di akhir sesi pembelajaran, peran
penting seorang guru dalam kegiatan di lembaga BIMAGO ini sangat berpengaruh karena
seorang pendidik harus menjadi contoh serta panutan bagi para peserta didiknya, faktor
pendukung dalam berjalannya kegiatan ini lebih kuat dibandingkan faktor penghambatnya,
dan pentingnya para peserta didik memiliki akhlak serta mental yang kuat karena adanya
keinginan dari masing-masing peserta didik untuk mengenyam pendidikan di pondok
pesantren Gontor.