Abstrak
Pembelajaran daring merupakan suatu sistem pendidikan jarak jauh dengan berbagai metode pengajaran yang dimana aktivitas pembelajarannya dilaksanakan secara terpisah. Pembelajaran daring ialah suatu inovasi yang relatif masih baru di dalam dunia pendidikan. Pembelajaran daring dilaksanakan serentak secara nasional bahkan internasional karena tuntutan keadaan yang mengharuskan semua kegiatan dilaksanakan secara daring (online). Google classroom adalah suatu platform media pembelajaran yang memudahkan penggunanya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif yakni suatu penelitian dengan menggunakan metode survey, wawancara dan angket sebagai alat untuk mengambil data. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 4 kelas X. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 150 siswa SMK Muhammadiyah 4 kelas X yang terdiri dari 94 siswa laki-laki dan 56 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,569 yang berarti Penggunaan Google Classroom berpengaruh sebesar 56,9% terhadap Pembelajaran Daring.