Abstrak
Perkembangan kopi di Indonesia hadapi kemajuan yang pesat serta sebagian wilayah di Indonesia jadi penghasil kopi terbaik dunia, tigginya keinginan mengkonsumsi kopi di Indonesia menyebabkan meningkatnya kemunculan coffee shop. Banyaknya kemunculan coffee shop di Indonesia meningkatkan daya saing untuk para pengusaha kopi. Sementara itu kedai kopi Titik Mentari Everlasting Story yang biasa konsumen sebut dengan sebutan ?Timeless? adalah kedai kopi yang menggunakan branding kolektif, dari ruang kolektif tersebut sering mengadakan acara dan ruang kolektif yang di mana komunitas atau seniman manapun untuk bebas tampil di ruang yang di sediakan Titik Mentari Everlasting Story Collective Space . Dalam penelitian ini, peneliti memakai paradigma penelitian konstruktivisme untuk dijadikan sebagai landasannya, di dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan konteks komunikasi kelompok serta teori utama yang digunakan adalah teori branding karena penelitian ini ingin mengetahui sebuah branding yang memanfaatkan komunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data wawancara mendalam kepada informan yang merupakan pemilik kedai, karyawan kedai dan juga ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa branding yang dilakukan kedai kopi Timeless melalui beberapa proses branding yaitu dengan mewadahi ruang kolektif, seperti komunitas seni, musik dan teaterikal, branding ini disebut community based marketing, yaitu dimana brand dan konsumen bisa langsung berkomunikasi tanpa sekat, dengan target pasarnya ialah sebuah komunitas, semakin besar komunitas yang ada, semakin besar pula brand terbentuk, karena menurut Anholt branding ialah di mana sebuah brand membentuk sebuah identitas seperti membuat logo, desain dan nama brand lalu diproses dengan merencanakan dan mengkomunikasikan nama dan juga identitas brand dengan tujuan membangun dan mengelola reputasi. Pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Peneliti menyarankan agar kedai kopi timeless lebih mengoptimalkan brandingnya ini melalui media sosial