Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perbandingan sosial dan motivasi berprestasi pelajaran bahasa inggris di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisa statistik korelasi menggunakan SPSS versi 25. Responden dalam penelitian ini berjumlah 204 orang siswa SMA berjenis kelamin laki-laki atau perempuan dengan rentang usia 15 hingga 18 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur variabel perbandingan sosial yaitu Iowa-Netherlands Comparison Orientation Scale (INCOM) 1999 (α = 0,727) dan variabel motivasi berprestasi menggunakan Achievement Motives Scale-revised (AMS-R) 2006 (α = 0,739). Berdasarkan analisa korelasi, variable perbandingan sosial dan motivasi berprestasi didapatkan nilai korelasi sebesar 0,203 dengan signifikansi 0,004. Nilai signifikansi yang didapatkan lebih kecil dari 0,01 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. oleh karena itu, hasil menunjukkan bahwa Ada hubungan antara perbandingan sosial dan motivasi berprestasi pelajaran bahasa inggris di sekolah menengah atas, yaitu Semakin tinggi perbandingan sosial yang dilakukan oleh siswa SMA mengenai kemampuan dan pendapatnya, maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi pada pelajaran bahasa inggris.