Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara grit terhadap self regulated learning pada siswa SMP di JABODETABEK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Grit dan skala Self Regulated Learning, subjek penelitian ini berjumlah 175 siswa (93 Laki-laki dan 82 Perempuan). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum grit (ketekunan) berada pada kategori sedang dengan persentase 64.0%. sedangkan self regulated learning (kemandirian belajar) berada pada kategori sedang dengan persensate sebesar 97.1%. Hubungan antara kedua variabel dihitung dengan teknik analisa korelasi dan diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar -0,161 yang artinya ada hubungan negatif, dengan taraf signifikan 0,033 (p<0,05). Dengan demikian hasil tersebut dapat diartikan semakin tinggi grit maka akan semakin rendah self regulated learning, begitupun sebaliknya semakin tinggi self regulated learning maka akan semakin rendah grit.