Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh antara harga diri terhadap perilaku konsumtif pada remaja pengguna pay later. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengna jumlah responden sebanyak 150 orang yang berusia 18-21 tahun berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang berdomisili di Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan menggunakan skala harga diri dari Rosenberg yang telah diadaptasi oleh Maroqi (2018) untuk mengukur harga diri, dan skala perilaku konsumtif dari Sumartono (2002) untuk mengukur perilaku konsumtig. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi. Hasil dari uji regresi yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu nilai koefisien B sebesar 0,022 dengan probability value sebesar 0,023 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara positif antara harga diri terhadap perilaku konsumtif. Artinya, semakin tinggi harga diri yang dimiliki oleh individu maka akan semakin tinggi pula perilaku konsumtifnya. Hal ini menunjukkan bahwa harga diri berepengaruh terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah subjek penelitian agar mendapatkan hasil yang maksimal secara lebih global.