Abstrak
Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 mengharuskan adanya adaptasi pada teknologi. Metode daring yang digunakan dalam sistem pendidikan ini membuat pembelajaran dapat diakses lebih fleksibel. Namun kendala tak luput dirasakan oleh mahasiswa. kemampuan dalam pengelolaan masalah diperlukan oleh mahasiswa untuk mengatasi kendala yang ditemukan dalam pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap strategi coping pada mahasiswa di masa pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang diperoleh sebanyak 160 responden mahasiswa yang melakukan pembelajaran secara daring. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling. Berdasarkan hasil analisa simple linier regression diperoleh probability value 0,000 (p<0,5) dengan R Square 0,105. Hasil tersebut menjunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial terhadap strategi coping pada mahasiswa di masa pembelajaran jarak jauh. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi strategi coping. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel lain sebagai mediasi atau variabel pendukung untuk mengetahui pengaruh lainnya terhadap strategi coping.