Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara langsung antara insecure attachment dengan academic burnout pada mahasiswa yang memiliki keadaan keluaga tidak harmonis. Responden penelitian berjumlah 207 orang mahasiswa di JABODETABEK dengan rentang usia 19 ? 25 tahun. Instrument yang digunakan untuk mengukur variabel insecure attachment adalah skala The Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) yang disusun oleh Greenberg & Amsdern (1987). Sedangkan variabel academic burnout diukur menggunakan skala adaptasi dari Maslach Burnout Inventory for Student Survey (MBI-SS) yang disusun oleh Schaufeli (2002). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi, untuk melihat hubungan antara insecure attachment dengan academic burnout pada mahasiswa yang memiliki keadaan keluaga tidak harmonis, dengan menggunakan IBM SPSS Statistics versi 23. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara insecure attachment dengan academic burnout didapatkan nilai pearson correlation (r) sebesar -0,377 dengan taraf signifikan 0,000 (p>0,05) yang artinya adanya hubungan negatif yang signifikan antara insecure attachment dengan academic burnout pada mahasiswa yang memiliki keadaan keluarga tidak harmonis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak.