Abstrak
Conscientiousness (kesadaran) diartikan sebagai keteraturan, ketekunan, dan kontrol. Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan untuk menangguhkan atau menunda kegiatan dan perilaku yang berhubungan dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Conscientiousness terhadap Prokrastinasi Akdemik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UHAMKA. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan skala melalui google form diuji menggunakan teknik regresi. Berdasarkan hasil peneltian dengan menggunakan perhitungan SPSS di peroleh bahwa pengaruh conscientiousness terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UHAMKA cukup berpengaruh. Hal tersebut terlihat dari hasil peneltian yang menyatakan bahwa pengaruh conscientiousness terhadap prokrastinasi akademik sebesar 74,3% dengan tingkat signifikannya 0,00 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan conscientiousness tinggi cenderung mempunyai prokrastinasi akademik yang rendah, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan karakter conscientiousness.