Abstrak
Global Youth Tobacco Survey pada tahun 2020 melaporkan, 19,2% pelajar di dunia mengkonsumsi tembakau. Kota Tangerang termasuk salah satu kota di Provinsi Banten yang mempunyai proporsi perokok umur 15-19 tinggi sebesar 49,91%. Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Tangerang dari 10 remaja terdapat 7 remaja menjawab sudah pernah merokok. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan peran iklan rokok dengan perilaku merokok siswa di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh kota Tangerang tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 427 siswa/i aktif kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Kota Tangerang Tahun 2022. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah Proportional Startifed Random Sampling dengan jumlah sampel 147 siswa/siswi. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang yang berhubungan dengan perilaku merokok adalah variabel pengetahuan memiliki hubungan bermakna dengan perilaku merokok siswa (pvalue = < 0.0001, PR = 4.741 (2.732 ? 8.225), CI=95%), variabel sikap memiliki hubungan dengan hasil (pvalue = < 0.0001, PR = 5.147 (2.965 ? 8.936), CI 95%) dan variabel peran iklan rokok memiliki hubungan dengan perilaku merokok (pvalue = 0.003, PR = 1.880 (1.202 ? 2.940), CI 95%). Kesimpulan ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan peran iklan rokok siswa dengan perilaku merokok siswa. Saran peneliti agar pihak sekolah dapat memberikan edukasi dan bimbingan kepada siswa/i supaya terhindar dari perilaku merokok dan mempertegas lagi sosialisasi tentang larangan merokok maupun iklan rokok di lingkungan sekolah.