Abstrak
Sistem pelayanan kesehatan adalah bagian penting dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui sistem ini tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat berperan penting dalam melaksanakan tindakan dini secara teratur dan terarah dalam memutus mata rantai penularan virus Covid-19. Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem pelayanan kesehatan selama pandemi Covid-19 di Puskesmas Cengkareng dengan menggunakan metode kualitatif dan wawancara mendalam dan observasi dengan mengambil 7 informan kepala puskesmas, kasatpel, pegawai puskesmas, dokter, pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem alur pelayanan Puskesmas sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) kebijakan selama pandemi Covid-19. Selama masa pandemi Covid-19, perubahan alur pelayanan juga terjadi di Puskesmas Cengkareng yaitu harus melewati proses triase pemberian pertolongan pada pasien kritis atau emergensi dan saat ini Puskesmas hanya menggunakan 2 poli yaitu poli umum dan poli skrining. Perubahan tersebut termasuk proses awal pendaftaran pasien saat ingin berobat, adanya sekat/pembatas pada meja antara pasien dengan tenaga kesehatan, dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sudah sesuai dengan tata cara penggunaanya dan SOP yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Puskesmas Cengkareng sudah melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan baik dalam pelayanan kesehatan selama pandemi Covid-19. Saran kepada pihak Puskesmas adalah tetap mempertahankan pelayanan yang diterapkan selama pada masa pandemi Covid-19.