Abstrak
Pada saat ini Humas atau Hubungan Masyarakat dalam sebuah organisasi berperan sangat besar, hampir tidak ada satupun organisasi perusahaan dan institusi pemerintahan sekalipun yang tidak memiliki bagian Humas di dalam struktur organisasinya. Dalam penelitian ini, Humas Sudin Kominfotik Jakarta Timur melakukan strategi dalam mengelola hubungan baik dengan media menyampaikan pesan vaksinasi booster dengan media sosial yaitu Instagram dan Facebook. Melalui strategi media relations Humas berupaya menyampaikan informasi terkait vaksinasi booster di media sosial yaitu Instagram dan Facebook di dukung beberapa teknis media relations. Penelitian ini menjelaskan strategi apa yang Humas Sudin Kominfotik Jakarta Timur lakukan dalam membina hubungan baik dengan media dan berupaya menyampaikan informasi terkait vaksinasi booster melalui media sosial Sudin Kominfotik Jakarta Timur yaitu Instagram dan Facebook. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan teori infrormasi organisasi (grand theory) dan konsep Media Relations yang menjadi landasan pemikiran penelitian ini. Keterikatan teori informasi organisasi dengan penelitian ini adalah bagaimana Humas Sudin Kominfotik Jakarta Timur memproses informasi yang masuk ke Humas baik yang melalui eksternal maupun internal organisasi. Hasil penelitian menunjukan Humas Sudin Kominfotik Jakarta Timur telah melakukan kegiatan media relations, tidak hanya menggunakan media konvensional dalam kegiatan penyampaian pesan namun juga menggunakan media baru yaitu media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mengikuti perkembangan teknologi komunikasi, banyaknya pengguna Instagram dan Facebook dapat memberikan informasi vaksinasi booster kepada khalayak Kota Jakarta Timur. Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kuantitatif meneliti respon warga Jakarta Timur terhadap program kerja Humas agar memperoleh data jauh lebih terukur. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menambah pengetahuan penelitian selanjutnya dalam kajian teori humas seperti teori informasi organisasi dan konsep media relations.