Abstrak
Film animasi sangat melekat bagi masyarakat dikalangan anak ? anak sampai remaja sebagai hiburan yang menarik dan menjadikan film animasi sebagai hiburan pilihan yang terbaik bagi mereka. Pada dasarnya film animasi hanya dijadikan sebagai hiburan saja namun bisa juga sebagai edukasi, dalam penelitian ini film animasi dijadikan sebagai bahan penelitian yang didalam ini film animasi tersebut dapat menggambarkan sebuah edukasi menjaga amanah seperti film animasi Nussa Official (Episode Compilation Vol15). Jadi rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pemegang amanah dalam film animasi Nussa Official Sebagai Media Edukasi Anak (Episode Compilation Vol15). Penelitian ini menggunakan teori new media dan konsep pemegang amanah yang menjelaskan dapat dipercaya, jujur/integritas, dan bertanggung jawab yang menggambarkan pemegang amanah didalam sebuah film animasi, pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif untuk mendefinisikan adegan dan dialog. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 11 adegan yang telah dipilih, film animasi ? Nussa Official (Episode Compilation Vol15).? menggambarkan pemegang amanah. Pemegang amanah bisa terlihat dalam penanaman karakter utama dalam film animasi tersebut yaitu Nussa dan Rara. Dalam pemegang amanah juga bisa menggambarkan realitas yang ada.