Abstrak
Foto Jurnalistik adalah gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi tentang peristiwa yang menarik bagi publik dan disebarluaskan melalui media massa. Surat kabar Media Indonesia menghandirkan peristiwa pandemi Covid-19 yang dikemas dalam rangkaian foto pada Kanal Foto bertajuk ?Gaya Ala New Normal? yang menampilkan foto-foto yang menggambarkan gaya hidup pada era kenormalan baru. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana makna denotasi dan konotasi, serta mitos pada foto-foto bertemakan ?Gaya Ala New Normal? di surat kabar Media Indonesia Edisi Minggu 14 Juni 2020.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan subjek penelitiannya adalah foto jurnalistik yang ada di Kanal Foto Media Indonesia. Penelitian ini memberi kontribusi pada pengembangan ilmu komunikasi, terutama memperkuat keberlakuan teori semiotika dan menggunakan metode kualitatif deskriptif, sejalan dengan spesifikasi penelitian analisis semiotika Roland Barthes, yaitu mengacu pada dua tanda yakni denotasi dan konotasi, kemudian memunculkan mitos untuk memahami makna foto. Hasil penelitian menunjukkan terbukti adanya makna penggambaran gaya hidup yang disampaikan melalui foto. Penulis mengumpulkan bagaimana foto-foto tersebut divisualisasikan sebagai tanggapan atas penyesuaian yang dilakukan oleh masyarakat, seperti ketika mereka melakukan aktivitas di luar rumah.