Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi memunculkan berbagai macam manfaat yang memudahkan manusia mendapatkan segala kebutuhannya dengan cepat. Salah satu contoh adanya perkembangan teknologi e-commerce dan platform belanja online seperti Shopee. Kemudahan mendapatkan apa yang dibutuhkan manusia serta adanya promo ataupun diskon menarik yang ditawarkan oleh Shopee menjadikan individu dapat menjadi konsumtif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh dari promo diskon terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Responden pada penelitian ini sebanyak 90 mahasiswa FISIP UHAMKA 2018 yang menggunakan Shopee. Promo diskon diukur menggunakan skala promo diskon yang dibuat oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek diskon oleh Sutisna (2002). Perilaku konsumtif diukur menggunakan skala perilaku konsumtif yang dibuat oleh Sumartono (2002). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan F= 17,0 (p<.001) dan Rē=16,2% yang berarti promo diskon dapat memprediksi munculnya perilaku konsumtif pada mahasiswa. Analisis tambahan menggunakan independent sample t-test juga menunjukkan tidak adanya perbedaan perilaku konsumtif berdasarkan jenis kelamin.