Abstrak
Perkembangan zaman semakin maju membuat setiap elemen mengalami perubahan seperti halnya kegiatan humas atau hubungan masyarakat didalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Dulu kegiatan humas berlangsung secara konvensional namun seiring perkembangan zaman humas menggunakan media sosial untuk melakukan aktivitasnya. Dalam penelitian ini fokus pada Cyber Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya melalukan strategi untuk mensosialisasikan program Tasikmalaya Saber Hoaks. Penelitian ini menjelaskan strategi tim cyber public relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya dalam mensosialisasikan program Tasikmalaya Saber Hoaks. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan teori informasi oganisasi (grand theory) dan konsep cyber public relation yang menjadi landasan pemikiran penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa tim cyber public relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya melakukan sosialisasi dengan menggunakan media sosial sebagai wadah untuk menyampaikan pesan ataupun informasi terkait program Tasikmalaya Saber Hoaks kepada masyarakat Kota Tasikmalaya dengan menggunakan beberapa cara seperti: Sabertalks, Saberinfo, dan melakukan kerrjasama dengan pihak eksternal. Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kuantitaif untuk meneliti respon masyarakat Kota Tasikmalaya terhadap program Tasikmalaya Saber Hoaks agar memperoleh data yang jauh lebih terstruktur. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menambah pengetahuan penelitian selanjutnya dalam kajian teori humas seperti teori informasi organisasi dan konsep cyber public relations.