Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh dari beauty influencer Suhay Salim di you tube terhadap keputusan pembelian produk make up di kalangan Subscribers mahasiswi FISIP UHAMKA. Teori yang digunakan adalah teori modeling teori ini dipakai untuk menjelaskan bagaimana perilaku manusia dapat diprediksi melalui sebuah pengamatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survei dan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi FISIP UHAMKA dari Angkatan 2018-2020. Sampel yang didapat sebanyak 85 orang yang dihitung menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 85 orang mahasiswi FISIP UHAMKA, kemudian data dikumpulkan dan dilah menggunakan perhitungan statistik yang kemudian dianalisa untuk menjelaskan pengaruh dari beauty influencer Suhay Salim terhadap keputusan pembelian produk make up di kalangan mahasiswi FISIP UHAMKA. Pengaruh diukur menggunakan komponen TEARS (trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, similarity). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari celebrity endorser Suhay Salim di you tube terhadap keputusan pembelian produk make up di kalangan subscribers mahasiswi FISIP UHAMKA yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan serta analisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.