Abstrak
Iklan yang ditayangkan di televise masih menjadi media promosi yang masih efektif sampai saat ini. Masih ada perusahaan yg menggunakan iklan di televise salah satunya yaitu Shopee. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna dan proses komodifikasi yang terdapat dalam Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale edisi Blackpink dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Teori Semiotika merupakan teori yang menjelaskan lambang atau tanda dimana tanda yang disadari maupun tidak telah membentuk sebuah makna. Teori Semiotika Charles Sanders Pierce mencakup semua system tanda, dimana system tanda yang dimaksud biasa disebut sebagai Triangle Meaning yang terdiri dari 3 unsur yaitu representamen, objek dan interpretant. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, lalu metode yang digunakan adalah metode analisis semiotika. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dan studi pustaka. Dalam proses analisis data digunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam iklan Shopee 12.12 Birthday Sale edisi Blackpink terdapat 11 sign (tanda) dari visual, dialog, dan perilaku tokoh dalam iklan. Menurut analisis semiotika Charles Sanders Pierce dengan konsep Triangle Meaning yang meliputi object, representamen, dan interpretan. Ditemukan bahwa makna perempuan dalam iklan tersebut adalah hanya digunakan sebagai objek untuk menarik perhatian masyarakat dan terdapat proses komodifikasi pada citra perempuan yang dilakukan oleh Shopee. Komodifikasi yang dilakukan oleh Shopee merupakan jenis komodifikasi isi atau konten yang menonjolkan 3 citra perempuan didalam iklan tersebut yaitu citra pigura, pergaulan, dan peraduan.