Abstrak
Daur.id merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang lingkungan dan berdiri karena ada isu dibelakangnya, yaitu minimnya daur ulang sampah yang terjadi di Indonesia. Daur.id dalam upaya memperkenalkan perusahaannya, mereka menggunakan segala jenis social media guna menyebarkan informasi terbaru dari perusahaan mereka. Salah satunya dengan menggunakan Instagram, terbukti Instagram @Daur.id kini memiliki tiga ribu lebih pengikut. Dalam Instagramnya, mereka mengaplikasikan berbagai strateginya untuk menyebarkan informasi kegiatan yang akan dilakukan salah satunya kampanye. Kampanye tersebut berkaitan dengan visi misi dari Daur.id itu sendiri, yaitu mengolah limbah sampah dengan cara ramah lingkungan. Daur.id melalui Instagramnya mengajak masyarakat untuk mengikuti acara yang diselenggarakan yaitu mengedukasi mengenai pemilahan sampah. Jadi kampanye dari Daur.id ini tak hanya memberikan edukasi melalui postingan namun juga dilakukan secara langsung dengan mengadakan workshop, seminar atau webinar, dengan mendatangkan ahli untuk memberikan informasi dan pengetahuan baru, hingga memberikan tips-tips untuk mengola sampah akhir secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi Kampanye Gerakan Penyelamatan Lingkungan dari Instagram @Daur.id dalam upaya mengolah limbah dapat di terima oleh publik dan target dari visi misi perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, Daur.id membutuhkan strategi komunikasi yang menjadi hal penting dalam mengkomunikasikan suatu informasi agar tujuan kampanye yang dilaksanakan mencapai kesuksesan. Penelitian ini dibuat oleh peneliti yang berfokus pada keberhasilan strategi dari sebuah organisasi dalam melakukan kampanye melalui media sosial Instagram.