Abstrak
Strategi program sangat penting untuk mempertahankan rating dan share dalam suatu produksi program Kids Menu di MNC Channels. Karena rating dan share merupakan hal untuk tolak ukur yang dijadikan acuan untuk seberapa banyak sebuah program ditonton oleh pemirsa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi program televisi anak-anak dalam mempertahankan kualitas rating dan share program Kids Menu di MNC Channels. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivsime serta teori yang digunakan adalah teori strategi program menurut Morissan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif metode yang digunakan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh tim program Kids Menu adalah mulai dari proses perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, dan pengawasan dan evaluasi program. Semuanya telah diatur dengan sesuai konsep agar strategi dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam hal untuk mempertahankan kualitas program Kids Menu.