Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana strategi personal branding Musdalifah Basri dalam akun instagram @sugarbaby.co.id, 2). Bagaimana manajemen kesan Musdalifah Basri pada akun instagram @sugarbaby.co.id, teori yang digunakan adalah teori konsep pembetukan personal branding yang dikembangkan oleh Peter Montoya dan impression management yang juga dikembangkan oleh Erving Goffman. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data dengan metode observasi dan studi pustaka dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Subjek penelitiannya adalah akun instagram @sugarbaby.co.id serta akun pribadi Musdalifah Basri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam media sosial intagram sugarbaby.co.id Musdalifah Basri melakukan personal branding dengan menampilkan dirinya yang sebaik mungkin agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Musdalifah basri sudah menerapkan prinsip-prinsip pembentukan personal branding yang mencakup spesialisasi, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan dan juga nama baik. Instagram merupakan media yang bagus dan tepat untuk dapat digunakan sebagai media personal branding penggunanya dengan mengkomunikasikan personal brandingnya melalui video, foto, caption dan tagar. Untuk mencapai tujuannya dalam melakukan personal branding, Musdalifah Basri bermain peran panggung depan dengan melakukan manajemen pengelolaan kesan demi mencapai tujuan personal branding yang diharapkan, sementara pada panggung belakang, Musdalifah Basri berusaha menjaga sebaik mungkin segala aspek yang dapat merusak reputasi dan karir dirinya agar tidak terlihat oleh followers dan menyiapkan video serta foto yang akan digunakan sebagai alat personal branding-nya.