Abstrak
Melesatnya perkembangan Sosial Media memungkinkan masyarakat untuk tidak hanya sekedar mengkonsumsi media secara pasif melainkan menjadi pengguna aktif dengan berlomba-lomba menjadi Content Creator. Jerome Polin Sijabat adalah Content Creator serta Influencer yang memiliki pengikut diakun sosial media Instagramnya sebanyak 6,4 juta orang. Memiliki konten yang edukatif juga menarik dan penyampaiannya yang menyenangkan serta prestasi maupun keahliannya di bidang matematika berhasil membawa popularitas dirinya sebagai influencer muda yang aktif dan menginsipirasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten Instagram @jeromepolin terhadap pembentukan sikap positif pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan perspektif positivisme, teori Behaviorisme dan Social Learning Theory (Albert Bandura, 1986). Karena adanya pembelajaran yang didapat setelah memperhatikan konten Instagram @Jeromepolin, yaitu terjadi perubahan sikap dari para pengikut setelah memperhatikan konten milik Jerome Polin yaitu pembentukan sikap positif pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif untuk menjelaskan hubungan antarvariabel. Metode penelitian adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut @Jeromepolin sebanyak 6,4 juta dengan sampel sebanyak 100 responden dihitung dengan rumus Slovin dan didapat dengan menggunakan teknik non probability accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji korelasi Pearson?s Product Moment dan analisis regresi linier sederhana menggunakan software IBM SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukan dengan uji korelasi Pearson?s Product Moment sebesar 0,976. Nilai signifikansi pada 0,000 < 0,05 maka korelasi signifikan. Kontribusi pengaruh X terhadap Y sebesar sebesar 95,2%. Adanya nilai persamaan regresi linier sederhana Y = 5,242 + 0,659X. artinya, konten Instagram @Jeromepolin berpengaruh positif terhadap pembentukan sikap positif pada pembelajaran matematika.