Abstrak
Gaya komunikasi yang digunakan executive producer dalam proses produksi program TVRI Sport Malam sangat berpengaruh terhadap kenaikan rating program tersebut, karena rating menjadi tolak ukur kinerja tim produksi untuk dapat terus mengembangkan ide-idenya serta memperpanjang waktu siaran program TVRI Sport Malam, berbeda dengan televisi swasta yang menggunakan rating untuk kepentingan komersial dan menarik banyak iklan untuk menjadi modal produksinya. Penelitian ini mengkaji, bagaimana Gaya Komunikasi Executive Producer dalam proses produksi program TVRI Sport Malam di LPP TVRI Pusat.
Penelitian ini menggunakan teori gaya komunikasi Norton dengan sepuluh klasifikasi gaya komunikasi yaitu, gaya dominan, gaya dramatis, gaya kontroversial, gaya animasi, gaya berkesan, gaya santai, gaya atentif, gaya terbuka, gaya bersahabat, dan gaya yang tepat. Paradigma yang digunakan penelitian ini adalah paradigma konstruktivis, dengan pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kualitatif, metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus, jenis penelitian deskriptif.
Hasil penelitian dari penelitian ini adalah gaya komunikasi yang digunakan oleh executive producer dalam proses produksi program TVRI Sport Malam yaitu gaya bersahabat, gaya santai, gaya terbuka, gaya yang tepat dan gaya berkesan, namun dalam pengaplikasiannya executive producer lebih sering menggunakan gaya bersahabat dan gaya santai karena gaya terbuka, gaya yang tepat dan gaya berkesan digunakan pada situasi dan kondisi tertentu.