Abstrak
Berdasarkan latar belakang yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan media sosial Twitter terhadap Pengungkapan Diwi pada kalangan generasi Z (Mahasiswa FISIP UMJ 2018). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Message Design Logic (Expressive Design Logic) yang terfokus untuk mengaitkan pada pengungkapan diri seseorang secara ekspresi yang dituliskan pada tweet nya. Lalu menggunakan teori Uses and Effect untuk mengaitkan adanya efek atau dampak dalam penggunaan media sosial Twitter tersebut. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Accidental Sampling dengan rumus Taro Yamane terdapat sebanyak 82 responden. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan Teknik regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Dalam pengolahan dan analisis data menggunakan software IBM SPSS statistic 22 Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penggunaan media sosial Twitter berpengaruh terhadap Pengungkapan Diri pada kalangan generasi Z (Mahasiswa FISIP UMJ 2018) dengan tingkat regresi sebesar 0,974% dan nilai korelasi atau adanya hubungan linear antara satu variabel dengan variabel lainnya sebesar 0,987 artinya berpengaruh antara variabel penggunaan media sosial Twitter dan variabel Pengungkapan diri. Penggunaan Media Sosial Twitter mempengaruhi Terhadap Pengungkapan Diri pada Kalangan generasi Z (Mahasiswa FISIP UMJ 2018)