Abstrak
Digital Public Relations merupakan metode kerja PR yang berlandaskan teknologi modern PR yang dilakukan melalui internet. Diskaz Kedai Ngopi dan Makan adalah kedai yang memberlakukan sistem PR melalui media sosial yaitu Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi digital public relations kedai kopi Diskaz dalam menggunakan Instagram untuk membangun citra positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Diskaz Kedai Ngopi dan Makan menggunakan strategi digital public relations yaitu Four Steps of Public Relations dengan menganalisis target sasaran yaitu dari kalangan remaja hingga dewasa, menganalisis pemilihan media yaitu Instagram, membuat perencanaan dalam mengunggah foto yaitu menggunakan keterangan dan hashtag, menyelengarakan berbagai event seperti Diskaz Berbagi, Diskaz Music Corner, Game Online Competition, dan FGD ketenagakerjaan yang nantinya akan dipublikasikan di Instagram, serta mengevaluasi keberhasilan dan hambatan yang telah dilaksanakan oleh kedai Diskaz. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat luas tertarik dan dapat mengetahui keberadaan Diskaz Kedai Ngopi dan Makan. Selain itu juga dapat membangun citra positif dari publiknya akan kedai tersebut.